SMAN 3 Banda Aceh sekolah favorit di Aceh


SEKOLAH Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Banda Aceh dibangun pada tahun 1977. Awalnya, sekolah ini merupakan sekolah Inpres, namun hanya berlangsung selama satu tahun. Pasalnya, sejak tahun 1978 sekolah tersebut beralih status menjadi negeri.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMAN 3 Kota Banda Aceh, Drs.  Zulkarnain, kepada ATJEHPOSTcom, Kamis 7 Maret 2013.
“Ribuan siswa berprestasi telah dihasilkan dari sekolah ini, yang sudah berusia 34 tahun. Hingga kini setiap tahunnya sekolah menerima lebih kurang 276 siswa yang terlebih dahulu lewat seleksi, calon siswa pun sebelumnya harus mengikuti tes untuk masuk ke SMAN 3,” kata Zulkarnain.
Untuk uji akademis, kata dia, tes dibagi menjadi dua bahagian, yaitu kelas reguler dan kelas akselerasi. Untuk kelas reguler, tes diadakan oleh pihak sekolah.
“Sedangkan untuk kelas akselerasi, akan disaring 20 siswa saja, kemudian langsung mendapatkan tes dari pihak kedinasan,” ujarnya.
Sedangkan persoalan fasilitas, kata Zulkarnain, juga sudah memadai. Untuk kelas belajar mengajar, tersedia 9 ruang untuk siswa kelas 1. Jumlah ini terbagi menjadi 8 kelas reguler, dan 1 kelas akselerasi. Begitu pula dengan ruangan untuk kelas 2.
“Untuk kelas 3 ruangan berkurang menjadi 8 ruangan hanya untuk siswa reguler saja. Untuk pemilihan jurusan, di sekolah kami terbagi atas 3 jurusan, yaitu ilmu alam, ilmu sosial dan bahasa," ujar  Zulkarnain.
Zulkarnain juga mengatakan bahwa dari tiga jurusan yang tersedia, jurusan yang sangat banyak perminatnya adalah ilmu alam dan ilmu sosial. Apalagi untuk ilmu alam, terkadang banyak siswa yang mengambil jurusan itu. Dikarenakan bidang perguruan tinggi nantinya mengarah pada jurusan tersebut.
"Kami tetap buka tiga jurusan setiap tahunnya, untuk bahasa yang sangat kurang peminat. Namun tetap kita buka kelasnya, karena siswa tidak mencapai minimal siswa perkelas. Terkadang hanya 5 siswa yang ada," kata Zulkarnain.
Dirinya juga mengaku mengenai fasilitas guru untuk mengajar sudah terpenuhi semuanya. Bahkan, untuk jurusan bahasa yang minim peminat, tetap tersedia guru. "Kami tak pernah kekurangan guru, untuk jurusan bahasa juga tersedia pengajar. Namun peminat siswa untuk jurusan tersebut yang masih minim," kata Zulkarnain. sumber:acehpost

Penulis : Ade Putra ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SMAN 3 Banda Aceh sekolah favorit di Aceh ini dipublish oleh Ade Putra pada hari Jumat, 08 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SMAN 3 Banda Aceh sekolah favorit di Aceh
 

0 komentar:

Posting Komentar

Photography Taken By Me



thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb
thumb